Saturday 19 April 2014

Mendadak IGD

Pertama masuk kantor setelah 15 hari di rumah itu seneeeeeng banget, hah? kok bisa? soalnya boss - boss gak ada pada employee gathering ... merdekah! merdekah!*sorak sorak bergembira
Jam 2 siang, si Tika, temen AM ITC Kuningan dan Ambassador (ooohhh senengnya jadi AM tempat enih) ngajak jalan, tencu saja aku semangat, soalnya sekalian mau belanja bulanan di Carrefour. Karena saat itu muacetnya biadab kami nyampe ITC hampir jam 3 trus lanjut ketemu customer dulu, jam 4an baru makan siang trus seperti biasa kita thawaf puter - puter. Mendekati maghrib aku merasa haus banget, sebenarnya sdh ditawarin minumannya Tiak tapi aku merasa agak sakit jadi kalo ntar nularin Bumil kan kasihan, eh ternyata Tika juga baru nyadar kalo HP nya dua - duanya hilang. So rasa haus tiba - tiba gak berasa lagi karena kami sibuk nyari HP itu, Alhmadulillah yang HP Pleki ketemu tapi sayang HP Galaxy Notenya hilang :(
Jam 7an Tika akhirnya pulang dijemput suaminya, dirikuh pun lanjut ke carrefour untuk belanja. Jam 9nan dijemput Maspoer pulang, sebenernya sih kantor Maspoer ma ITC cuman selemparan kolor ijo doang, tapi karena macet ampun ampunan maklum besoknya  long weekend yaweslah ....Jakarte gitu lo...
Di mobil awalnya aku cuman ngerasa pusing trus keringat dingin... kubuka kerudung biar lega dan menidurkan sandaran kusi mobil. Eh lama - lama kok sesak napas dan kaki kaku. Aku mulai panik dan minta Maspoer nyari rumah sakit. Maskin lama napas ngos ngosan dan tangan mulai kesemutan... Ya Allah kenapa lagi ini ? pikiranku langsung ekstrim, jantung kah ? stroke kah ? Aku mulai merasa lemes banget, aku minta tangan kiri Maspoer pegang tangan kananku , aku mulai minta maaf padanya, aku menitipkan anakku, ibuku dan adek adeknya... aku pengen dia menyampaikan maaf kepada temen temanku. Maspoer kaget dan marah "jangan bilang gitu, istihfar bunda..." Sepanjang jalan yang macetnya nggilani itu Aku istighfar memohon ampunan Allah, berusaha banget tetap sadar enggak pingsan. Sementara Maspoer nyetir cuman satu tangan plus nyambi nglakson2. Asli  baru itu lihat Maspoer panik seperti itu...aiih berarti dia takut kehilangan diriku toh... suit suitt prikitiwww....
Akhirnya kami tiba di IGD JMW, aku jalannya digandeng sempoyongan, seluruh tubuh gemetaran , keringat dingin, kesemutan dan napas sesak...
Suster segera memasang oksigen dan infus, aku minta segera di EKG untuk cek jantung, saat itu aku takuuut banget, eh tapi masih sempet minta di poto, bukaaan... bukan pengen narsis update FB, tapi saat itu cuman pengen ninggalin kenang - kenangan aja buat keluarga jika ada apa - apa hiks....
Alhamdulillah pas keluar mobil aku sempetin make inner ninja dulu.... 
Setelah abis diinfus 1 kantong baru aku merasa baikan, tangan dan kaki sudah mulai anget. Dari hasil EKG baik, Urine juga baik, dari test darahlah ketahuan kalau kalium ku dibawah normal. Normalnya diatas 3,5 - 5 Meq/liter dan kaliumku diangka 3. Alhamdulillah banget baru turun dikit sudah langsung ditangani dan ketahuan, karena ternyata jika nilainya < 2 bisa jadi game over wassalam....Ya Allah Alhamdulillah banget kami langsung ke IGD saat itu.
Kemungkinan besar aku sebelumnya dehidrasi sampai kehilangan elektrolit yaitu kalium. Kekurangan kalium atau Hipokalemia ini sebenarnya bukan penyakit, tapi keadaan dimana tidak seimbangnya mikronutrien antara natrium, kalium, magnesium.
Berikut petikan dari Republika :
REPUBLIKA.CO.ID, Sering merasa kelelahan tanpa tahu penyebabnya, bisa jadi itu gejala awal kekurangan kalium atau hipokalemia. 
Ternyata, penyakit yang menyerang fungsi otot dan organ dalam tubuh ini bisa menyebabkan komplikasi jantung, stroke, hingga gagal ginjal.
Penderita kekurangan kalium kerap didera rasa lemas tak berkesudahan. 
“Orang dengan hipokalemia susah mengangkat kakinya, tangannya juga lemas karena kaliumnya tidak ada. Kalau makin berat, ya bisa terjadi kelainan pada jantungnya, yakni terjadi gangguan irama jantung dan berdenyut tak normal sehingga membahayakan nyawanya,”  terang Ketua Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dr.dr. Ari Fahrial Syam, SP.pD KGEH FINASIM FACP MMB.
Risiko terburuk dari kasus kekurangan zat kalium ini, terjadi gangguan irama jantung hingga meninggal. 
------------------------------------------------------------------------------
Setelah 3 jam di IGD kami boleh pulang, Bu Dokter Dania yang cantik mengoleh olehi suplemen kalsium dan nasihat supaya rajin makan pisang.Siap Dok!!!
Jeng... jeng yang kebetulan baca, doain ya saya sehat terus.... perasaan saya makan nggak ngirit dan gak diet, bodi juga tebel tapi kenapa dalemnya ternyata seperti orang kurang gizi begini??? seperti saya dapat teguran Allah untuk lebih dekat dengannya dan untuk kembali ke pola hidup sehat, Insha Allah... doain ya..... 

0 comments:

Post a Comment