Sunday 23 February 2014

Trimester 1: Masa Hoek Hoek pun Tiba (7-8 Weeks)

Hamil ke-2 aku bertekad baja bakalan pengen tetep tampil wokeh dan ngeksis, pokoke musti 11-12 ma jeng Dian Sastro *ampun jeng-jeng jangan dilempari ulegan ;p
Eh tapi saat menuju 8 weeks, bubrah semua impian. Awalnya cuman muntahin sarapan apel di mobil. Eiits sarapan apel ? ciyuz jeng.... ekkeh kan pengen hamil sekseh jadi sarapannya buah buahan. Mana waktu itu gak ada tas kresek di mobil, alhasil maspoer tercinta bersih bersih mobil hehehe *peyuk peyuk cintah. Sejak saat itu bukan saja hoek hoek yang muncul tapi semua tanda2 kehamilan bermunculan :
1. Sendawa mulu
2. Mual all day sickness
3. Heart burnt
4. Boyok sering remek
5. produksi air liur lebih banyak, yesss bener diriku ngeces mulu, kalah bayi 1 tahun
6. Kepengenan, dan kall ini pengennya yg branded2, doooh
7. Body melar dan hidung sudah menyerupai jambu aer

Dengan segala kerempongannya itu, aku sebisa mungkin tetep menjadi seperti diriku yang dulu, walopun penampakan pucet saking seringnya nahan muntah (kayak poto di atas ituh) Dan berjanji nggak akan pakai kerudung bergo ke kantor, ciss!!! Pas weekend juga berupaya tetep bisa jjs sama Al dan Maspoer, walopun abis jalan -jalan rasanya pinggang mau copot. Lah kan padahal baru hamidun 8weeks, apakabar kalo sudah trimester akhir? embyeeer cyn, walopun jika nanti penampakan sudah kayak buntelan dan tertatih tatih ngos ngosan kayak nenek nenek abis marathon, diriku sebisa mungkin tetap merasa cantik. Gw inget kehamilan pertama, waktu itu aku kehilangan jadi diri, mulai pipi sampai jempol kaki semuanya bengkak, kerudung pakai bergo ajah, gak mau ngaca, ogah diajak jalan-jalan, apalagi disuruh poto bareng!!!! sampai - sampai aku sdh gak ngenalin diriku sendiri. Seringnya aku melolong nangis tersedu - sedu, nyalah nyalahin suami yang bikin gw jadi kayak gini, pokoknya saat itu pengen bgt nyiksa Maspoer! Semua pekerjaan rumah Maspoer yg pegang, gw tinggal ongkang ongkang kaki nonton tipi. Trus pas bulan Ramadhan kan Maspoer pengennya masak nasi sendiri, aku nangis nangis gak bolehin, akhirnya sepanjang ramadhan Maspoer cuman sahur pisang ma kurma, jahat banget deh diriku :( This time, i won't let my hormone controls me, I have to be like the same person  I used to be, ganbatte gozaimas desuka kameha mehaaaaa!!!! *ditoyor pecinta dragon ball.
Ada beberapa hal yang gw lakuin untuk mengurangi efek mual trimester pertama:
1. Ngemil kismis (pilih yang sugar free) 
2. Ngemut Permen (nano2, jahe, mint)
3. Kalo mau makan tiba2 mual, aku pilih makan roti-rotian atau ubi
4. Tempel koyok di punggung
5. Minum air putih anget tapi dikecrutin jeruk nipis dikit , kalo yg suka madu, mending pakai madu
6. Ngemil kuaci , mual sih ilang tapi bibir jedir sekseh 
7. Makan coklat dikit aja setelah maem
8. Makan buah yang kecut kecut seger tapi awas hati hati kena maag
9. Dan yang paling manjur buatku adalah leyeh leyeh goler goler di kasur yang empuk hehehe
10. Pijet pundak plus betis seminggu sekali di rumah sama mpok mpok panggilan, cost Rp. 50 rebu per  jam.

Untuk sementara itu dulu, kalo bener2 gak kuat baru deh minum obat anti mual. Dan trus nih ya, urusan kista kistaan kemaren Alhamdulillah setelah kontrol ke dr Oni Khonsa di RS Tambak tanggal 14 Feb kemaren, setelah USG Trans V , sudah ada titik terang, kistanya tiba 2 enggak ada, kalopun ada suspect kista, ukuranya keciiiil banget. Tapi ternyata ada infeksi di pelekatan kantong janin dan rahim huhuhuhu....(lihat tanda panah)

penyebabnya bisa jadi kekurangan hormon, so aku musti periksa darah dan urine, untuk cek macem macem termasuk hormon. Pas dikasir mau banyar baru deh ter-glek-glek, total jendral 1,7 jute cyyyn. Padahal jatah periksa pre natal dari asuransi kantor suami "cuma" Rp. 5 juta sajah, dan aku sudah abisin hampir separuh, padahal masih long way to go :(
Kalo pas hamil Al, Maspoer masih kerja di multi nasional company yg basicnya di Finland sono. Empat tahun yang lalu aja jatah periksa hamil setara lo ma gaji 1 bulan dan jatah lahiran sectio Rp. 30 juta, amazing banget kan, padahal belum managerial looo. Mana kartu asuransinya keren, pakai alat gesek langsung ngeprint  saldonya gitu, keyen kan..... Sekarang pindah kantor, walopun sudah masuk jajaran managerial tapi plafon malah turun. Mau reimbust ke kantorku kok bikin sakit hati, lawong dokter spesialis cuman diganti goban!!!! haregene.... kecuali aku periksannya ke RS mitra kantor, bisa gratis. Tiap trimester dapat jatah 1 kali periksa ke obgyn tapi rempong musti minta rujukan dulu tiap mau periksa ^%$#@%^&&, kecuali masuk week 32, dapat jatah tiap minggu periksa. Masalahe tidak semua RS mejadi mitra kantor, termasuk 2 RSIA yang aku survey value for money ini *garuk garuk aspal menatap masa depan  tabungan yg bakal menipis
Oh ya, update hasil periksa lab, sebenernya hormonku masih lumayan masuk range normal tapi deket dengan batas bawah, so kata dr Oni, tetep musti minum obat penambah hormon.

Hello... hormon segini aja hoek hoek mulu, gimana makai obat??? chatting sama temen minta pertimbangan, kata sang temen disuruh minta obat hormon yang gak diminum aja, tapi dimasukin mrs V supaya gak mabok. Apewwww???? jadi merinding disko ngeri-ngeri sedaaaap... ,dan karena sudah enggak keluar lagi flek - fleknya aku putusin enggak minum obat hormon dulu ah, daripada makanan enggak ada yg bisa masuk. Hope everything is going well, amiiin





1 comment:

  1. lalu gimana selanjutnya sist?? saya juga lg hamil 5week, tp kata dokter ad kista juga. sedih sekali mendengarnya. sista konsumsi apa sampai hilang kistanya?

    ReplyDelete